Friday, May 15, 2015

[Dorama] No Dropping Out - Back to School at 35

Title : No Dropping Out, Back To School at 35
Genre : drama, slice of life
Episode :11
Broadcast year : April 13 - June 22, 2013
Cast:
Ryoko Yonekura as Baba Ayako
Mizubata Junpei as Junichi Koizumi
Alice Hirose as Rina Hasegawa
Taikou Katoono as Ryota Otake
Yua Shinkawa as Mizuki Kudo
etc,..

Sinopsis
(Spoiler Alert)

Bicara drama tentang orang dewasa yang kembali jadi murid SMA, pasti pecinta dorama langsung ingat dengan 'My Boss My Hero', salah satu dorama komedi terkenal yang dibintangi si seksi Nagase Tomoya. Tapi, yang satu ini beda, 'No Dropping Out (Back to School at 35)' bukanlah dorama komedi lucu-lucan. Dorama ini lebih serius dan cenderung lebih kelam. Dalam setiap episodenya, akan dibuka rahasia-rahasia kelam kehidupan SMA di Jepang sana. Bersama Baba Ayako, tokoh utama dorama ini, yang kembali menjadi murid SMA ketika usianya sudah 35 tahun.

Kisah ini dimulai ketika pada pertengahan semester di bulan April, SMA Kunikida didatangi seorang wanita dewasa yang modis dan seksi.Tak ada yang menyangka jika ternyata di adalah murid baru kelas 3 bernama Baba Ayako. Kehadiran murid SMA berumur 35 tahun sangat menghebohkan sekolah. Masuknya Baba di sekolah itu berdasarkan jaminan khusus dari Tetsuya Watari yang memiliki posisi penting di SMA itu. Lalu, apa sebenarnya maksud Baba bersekolah lagi? "Aku ingin memiliki ratusan teman!", kata Baba di hari pertamanya.

Kehidupan SMA di Jepang sangatlah keras bahkan kejam. Bully bukan menjadi rahasia lagi. Para siswa membentuk kelompok-kelompok untuk menindas satu sama lain. Bahkan guru dan hewan piaraan sekolah pun bisa menjadi korban. Maka tidak heran angka bunuh diri SMA di Jepang cukup tinggi. Begitu pula kondisi SMA tempat Baba bersekolah. Murid-murid di kelasnya menganut sistem kasta/ kelas. Kelas atas selalu menindas kelas di bawahnya. Rina Hasegawa, teman sekelas Baba adalah contoh kelas bawah dan juga korban bully. Rina tidak memiliki teman dan selalu sendirian, bahkan untuk makan siangpun dia melakukannya di toilet. Baba ingin mencoba menjadi teman tapi mendapat penolakan. Ternyata Rina memiliki masalah yang rumit baik di rumah maupun di sekolah. Baba tidak menyerah dan pada akhirnya dia membantu menyelesaikan masalah yang ada. Rina menjadi teman pertama Baba.

Satu persatu masalah bermunculan dan satu persatu pula teman Baba bertambah. Dengan pengalaman hidupnya dan kebijaksanaan sebagai orang dewasa, Baba mampu menyatukan kelas yang sebelumnya terpisah-pisah. Baba pun bisa mewujudkan cita-citanya sejak dulu yang belum terwujud, yaitu lulus sekolah. Di balik kembalinya Baba, ternyata terdapat cerita kelam dan sedih di kehidupan masalalunya. Apa sebenarnya masa lalu Baba dan siapakah Watari, penjaminnya? Bagaimana pula cara Baba membantu teman-teman sekelasnya untuk keluar dari dunia SMA yang kejam. Silakan nonton sendiri.

Menguliti Dorama

Awalnya aku hanya ingin nonton dorama berbau 'anak sekolah' untuk menyegarkan pikiran dengan cerita ala anak muda. Kemudian ketemulah dorama ini. Tatkala membaca sinopsisnya, aku langsung teringat My Boss My Hero. "Ah, mungkin ini seru juga kali.", pikirku. Dan ternyata memang benar! Dorama ini seru banget. Tidak lucu tapi lebih ke drama dan slice of life. Yuk dibahas.

Sebenarnya cerita tentang Baba Ayako ini bermaksud membuka tabir kehidupan yang kelam di dunia pendidikan SMA. Tokoh Baba menjadi pusat cerita dan bertugas sebagai agen perubahan. Seorang wanita dewasa yang cantik kembali mengenakan seragam SMA. Wow, rasa-rasanya kok sangat seksi sekali ya. Dan ya, itulah daya tariknya, selain penceritaan yang unik, sosok Baba juga 'seksi'. Jadi mengingatkan pada cosplay-cosplay orang dewasa dengan seragam sekolah. Ehm,... :)

Alur cerita di dorama ini sungguh memikat. Satu persatu episode terlahap tidak terasa. Cerita mengalir seperti air yang susah dibendung. Setiap akhir episode selalu menyisakan ruang penasaran untuk tidak sabar lagi menonton episode selanjutnya. Dan di akhir episode pun semua konflik terselesaikan dengan tuntas. Happy ending!

Latar dan setting di dorama ini lumayan lah. Jepang banget! Inilah bedanya Jepang dan Indonesia. Drama-drama berlatar sekolah selalu syuting di sekolah asli atau minimal sangat mirip dengan sekolah. Lhah sinetron kita? Kebanyakan latarnya ngasal, asal bikin ruangan dengan bangku dan papan tulis. Bahkan rumah sakit pun dibikin mendadak. Sungguh pembohongan dan pembodohan publik secara masif, terstruktur dan sistematis kan. Hehehe..

Bagaimana para pemerannya? Tokoh utama Baba Ayako diperankan oleh aktris senior cantik Ryoko Yonekura yang sesungguhnya berumur 38 tahun. Yonekura berhasil memerankan tokoh Baba yang misterius, depresi, cerdas, bijaksana dan kadang kekanakan. Aku paling suka gaya Baba merokok, sangat seksi sekali... Menurutku peran sebagai Baba tidak mudah dan Yonekura berhasil membawakannya.

Tokoh penting lainnya yaitu wali kelas Baba, seorang guru muda bernama Junichi Koizumi diperankan oleh Mizubata Junpei. Sayangnya, Junpei kurang maksimal dengan perannya. Akting Junpei terasa hambar dan tidak mengesankan alias biasa saja. Padahal pemeran tokoh-tokoh murid di dorama ini cukup baik, selain itu mereka juga sangat imut-imut dan enak dipandang. Misalnya saja  Taikou Katoono yang memerankan murid paling berbahaya bernama Ryota Otake yang sangat mewakili para 'beautiful boy', atau Yua Shinkawa, aktris muda yang lumayan bisa berakting. Ehm, tapi Junpei tidaklah sendiri, pemeran guru-guru lainnya juga sangat biasa, mungkin memang karena porsi perannya juga sedikit. Tapi peran Junpei kan termasuk tokoh penting jadi pembandingnya kurang seimbang. Seharusnya Junpei bisa lebih maksimal lagi.

Di pembuka setiap episode pasti akan dijelaskan tentang kelamnya dunia SMA. Sekali dua kali bolehlah, tapi lama-lama bagian pembuka jadi membosankan sehingga sering aku lewati. Hal lain yang kurang kena yaitu endingnya. Aku rasa terlalu berlebihan.Tapi ending yang lama dan berlebihan sepertinya sudah biasa ya di dorama-dorama ala anak sekolahan di Jepang. Ingat kan endingnya Hanazakari no Kimitachi e yang sangat panjang dan berlebihan.

Bagi kamu yang doyan nonton dorama bersetting sekolahan, layak banget nonton ini. Meski ceritanya agak kelam tapi seru banget. Tante seksi Ryoko Yonekura, sejumlah cewek-cewek Jepang yang cantik dan cowok-cowok yang tidak kalah cantiknya akan hadir menyejukkan mata kamu. Lumayan untuk ngabisin waktu di malam minggu bagi pecinta dorama yang jomblo. Hehehe..
-----

Goodpart: Good story, The sexy Baba, Kawaii girls, Cute boys, Happy ending, Problem solved
Badpart : Mizubata Junpei, boring opening monolog, too much ending

8/10


0 comments:

Post a Comment